Diabetkah?

Kumpulan resep serta kiat-kiat untuk mengatasi Diabetes bagi para penderitanya.

Friday, June 09, 2006

Hiashi Tsuka

"The best cooking is the least cooking" Itulah pedoman orang Jepang kalau menyajikan makanan. Kalau orang Indonesia paling mementingkan rasa, orang Jepang mementingkan kesehatan dari makanan yang dimakan.

Untuk yang tinggal di Sydney, bisa membeli bahan-bahan makanan Jepang di warungnya Anagawa-san di Artamon (cerita dan keterangannya menyusul).

Untuk resep makanan ini dibutuhkan Japanese Ramen (bisa disimpan di freezer), kecap khusus untuk Hiashi Tsuka, kubis, tomat, timun, telur dan sedikit ikan salmon (sisa kemarin ketika membuat sashimi - tapi harus disimpan di lemari es).

Cara membuat : Ramen direbus dengan air mendidih di atas kompor kemudian taruh dalam saringan dan disiram air dingin di bawah keran, tiriskan. Iris kubis menjadi kecil memanjang dan lembut, rajang timun menjadi kotak-kotak, iris tomat menjadi kecil-kecil. Telur dikopyok dengan Tsuyu (kecap Jepang), tambahi merica dan garam dan masukkan potongan salmon (kalau ada) dan didadar tipis di dalam wajan, kemudian dadar telur ini digulung dan diiris seperti kalau untuk diletakkan di atas nasi goreng.

Sajikan ramen dengangan irisan kubis, timun, tomat dan di atasnya dibubuhi irisan dadar telur dan tuangi kecap Hiashi Tsuka kira-kira satu sendok makan. Cara memakannya dicampur dengan sumpit dan dimakan pelan-pelan. Sehat dan nikmat!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home